Tidak Hanya Polemik Bahasa Sunda, Pelat Nomor Mobil Arteria Dahlan Juga Jadi Sorotan

Kamis, 20 Januari 2022 - 14:31 WIB

Jakarta - Belum habis polemik bahasa Sunda di kejaksaan agung, Arteria Dahlan kembali disorot mengenai lima mobilnya yang menggunakan pelat logo Polri dengan nomor yang sama. Arteria menyebut pelat nomor berlogo Polri yang dipasang di mobil-mobil miliknya bukan asli melainkan hanya pelat dasar dan bakal diganti saat mobil akan dipakai.

Sorotan terhadap politikus PDIP Arteria Dahlan tak berhenti di persoalan Bahasa Sunda saja, kini publik menyoroti deretan mobil yang diduga milik Arteria di parkiran Gedung DPR RI. Setidaknya ada lima mobil berbeda jenis yang menggunakan pelat bernomor sama yaitu pelat logo Polri 4196-07. Semuanya terparkir di area parkir mobil Gedung Nusantara 2 DPR Senayan, Jakarta.

Yang menjadi perhatian, empat dari lima mobil tersebut memiliki stiker sama yaitu tulisan Arteria Dahlan lawyers.co.id. Saat dikonfirmasi Arteria membenarkan bahwa mobil-mobil itu miliknya tapi pelat nomor berlogo Polri yang dipasang bukanlah pelat asli. Ia mengatakan pelat itu bakal diganti saat mobil akan dipakai. 

Anggota DPR sebenarnya sudah mendapat pelat nomor polisi khusus yang diberikan oleh pihak kepolisian. Pemberian plat nomor khusus ini sempat ramai pula dibicarakan. Pelat khusus itu mirip pelat Polri tetapi logonya hanya ada logo DPR dengan angka dan huruf Romawi yang menandakan komisi ataupun urutan keanggotaan dalam alat kelengkapan dewan.

Polri memberikan identitas khusus dan pengamanan kendaraan bermotor pimpinan dan anggota DPR untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan konstitusional. Namun, pelat khusus ini hanya bisa teregistrasi untuk satu mobil saja dan harus dibuktikan dengan BPKB, STNK dan TNKB mobil yang sah dan masih berlaku. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral