Bupati Purworejo Jelaskan Kronologi Kasus Kisruh Lahan di Desa Wadas

Rabu, 9 Februari 2022 - 19:37 WIB

Purworejo, Jawa Tengah - Menkopolhukam, Mahfud MD menjelaskan bahwa kondisi di Desa Wadas, Kecamatan Plered, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dalam kondisi aman. Bahkan Mahfud MD menegaskan tindakan Polri saat kejadian hanya mengamankan gesekan antar warga.

Bupati Purworejo, R. Agus Bastian menjelaskan bahwa kisruh di Desa Wadas ini terjadi karena adanya salah paham antara yang pro dan kontra terhadap pembukaan lahan. “Pembukaan lahan di Desa Wadas ini dijadikan sebagai area pertambangan batu andesit untuk proyek Bendungan Bener,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati Purworejo mengatakan jika status kepemilikan lahan yakni milik perorangan dan ada sebagian milik desa. “Tentunya pemerintah akan memberikan kompensasi atau ganti untung yang melalui sebuah proses,” sambungnya.

Ia berujar jika dalam kasus pembukaan ini banyak warga Desa Wadas yang menerima. “Kita berharap warga yang menolak dapat mengerti bahwa proyek ini untuk kepentingan yang lebih luas dan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Purworejo.

Pasalnya, Bendungan atau Waduk Bener ini memiliki manfaat untuk seluruh warga Kabupaten Purworejo yang sebagian besar profesinya adalah sebagai petani. (adh) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral