Dinamika Jelang Pilpres 2024

Senin, 4 April 2022 - 13:33 WIB

Jakarta - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru soal popularitas sejumlah tokoh untuk menjadi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dalam Pemilu 2024 mendatang.

Nama-nama Seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar pranowo hingga Erick Thohir kembali masuk dalam jajaran tokoh yang memiliki popularitas cukup tinggi.

Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru soal dinamika elektoral jelang Pemilu serentak 2024. Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 1.200 orang pada 11-22 Februari 2022 lalu. 

Awalnya survei dilakukan dengan menanyakan apakah responden tahu dan suka terhadap sejumlah nama tokoh kemudian dilanjutkan dengan survei menggunakan beberapa simulasi mulai dari simulasi 33 nama hingga mengerucut menjadi simulasi tiga nama. Hasilnya Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Erick Thohir menjadi Calon Presiden dengan popularitas tertinggi.

Direktur eksekutif indikator Burhanuddin Muhtadi menyebut survei kemudian dilakukan dengan melakukan simulasi beberapa nama tokoh untuk disandingkan menjadi Calon Presiden dan Wakil Presiden. Hasil simulasi tiga pasangan secara umum tidak banyak perubahan dibanding temuan sebelumnya. Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan masih menjadi tiga yang teratas.

Menariknya, hasil simulasi dua pasangan nama duet Anies Baswedan-Erick Thohir mampu mengungguli pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani. Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir juga masih lebih populer jika diadu dengan pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani.

Sementara hasil simulasi dua pasangan nama lainnya yakni Prabowo dan Erick mampu mengungguli pasangan Ganjar dan Puan. Hasil simulasi ini menunjukkan tokoh non partai seperti Anies Baswedan dan Erick Thohir tampak yang berhasil menyita perhatian publik.

Kehadiran wajah baru dari kalangan profesional seperti Erick Thohir juga tampaknya masih bisa diterima masyarakat berkat popularitas keduanya mampu mendongkrak elektabilitas, jika dipasangkan dengan sejumlah tokoh partai yang sudah cukup dikenal luas.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral