Vladimir Putin Pastikan Rusia Tidak akan Menghentikan Perang dengan Ukraina

Rabu, 13 April 2022 - 23:45 WIB

Amur, Rusia - Di tengah kecaman atas invasi Rusia ke Ukraina, Presiden Vladimir Putin pun angkat bicara. Putin tidak akan menghentikan operasi militer di Ukraina sampai negaranya berhasil.

Menurutnya laporan tudingan kekejaman tentara Rusia di Kota Bucha, Ukraina sebagai kebohongan dan provokasi semata.

Putin menyatakan tujuan utama intervensi militer Moskow di Ukraina adalah untuk menyelamatkan orang-orang di wilayah Donbass, Ukraina Timur. Wilayah itu ditempati separatis pro-Rusia yang telah memerangi rezim Kiev sejak 2014.

Menurut Putin di satu sisi Rusia membantu dan menyelamatkan orang dan di sisi lain hanya mengambil tindakan untuk memastikan keamanan negara. Ukraina diserang Rusia sejak 24 Februai 2022. Negara barat mengecam keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan memberlakukan sanksi dan mengisolasi Negeri Beruang Merah dari forum internasional.

Perang Rusia-Ukraina diperkirakan akan terus berlangsung lama. Menurut Putin perundingan damai dengan Ukraina kembali menemui jalan buntu. Di depan rekannya dari Belarusia, Alexander Lukashenko pada konferensi pers menyatakan tidak akan menghentikan operasi militer di Ukraina sampai negaranya berhasil.

Sementara seorang penasihat Presiden Ukraina mengatakan bahwa negosiasi dengan Rusia masih berlangsung setelah Vladimir Putin mengeluarkan pernyataan tersebut. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral