Peringati Hari Kemenangan, Putin Ingatkan Ancaman Negara Barat

Selasa, 10 Mei 2022 - 17:59 WIB

Rusia - Rusia memperingati hari kemenangan Perang Dunia II di hari yang sama dengan hari Eropa yang diperingati Uni Eropa. Kedua perayaan besar tersebut sarat dengan pesan yang dirundung perang Rusia-Ukraina.

Rusia merayakan Victory Day, hari kemenangan memperingati kejayaan Uni Soviet melawan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II, 77 tahun lalu. Di buku-buku sekolah dan sejarah di sana Rusia selalu digambarkan sebagai pembebas dalam perang Eropa.

Parade di lapangan merah Moskow Semarak dengan sekitar 10.000 tentara dan lebih dari 100 peralatan militer. Resimen pemain peran penting dalam perang Ukraina berparade di depan Presiden Vladimir Putin dan deretan pejabat tinggi Kremlin. Vladimir Putin dalam pidatonya membangkitkan semangat untuk tidak gentar menghadapi ancaman yang sudah didepan mata.

Di hari yang sama, Uni Eropa memperingati Hari Eropa 72 Tahun Deklarasi Schuman. Presiden komisi Eropa Ursula von der Leyen menyerukan pesan solidaritas untuk Ukraina. 

Namun Presiden Perancis Emmanuel Macron selaku pemegang Presidency Uni Eropa mengatakan peluang Ukraina untuk segera bergabung dalam Uni Eropa tidak realistis. Ia mengusulkan pembentukan organisasi politik baru.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral