Ratusan Sapi Ternak Terpapar PMK

Kamis, 2 Juni 2022 - 13:12 WIB

Bojonegoro, Jawa Timur - Sementara itu jelang Hari Raya Iduladha, jumlah sapi yang terpapar penyakit mulut dan kuku di Bojonegoro, Jawa Timur tembus 279 ekor. Angka ini tersebar di 29 desa di 24 kecamatan. Sementara di Cirebon, Jawa Barat selain ratusan ternak hewan sapi yang positif, tiga ekor anak sapi mati akibat PMK.

Sejak laporan awal di pertengahan Mei hingga saat ini setidaknya 279 ekor dengan 48 kasus yang dikeluhkan, dan satu ekor sapi mati di Bojonegoro, Jawa Timur. Kasus wabah PMK sapi di Bojonegoro terdapat di 92 desa di 24 kecamatan.

Untuk mencegah wabah PMK sapi tidak bertambah, saat ini transaksi jual beli di pasar tapi ditutup sementara hingga 12 Juni mendatang. Petugas memberikan suntikan obat dan vitamin pada sapi, serta melakukan penyemprotan disinfektan di kandang sapi.

Sementara itu, hampir dua pekan kasus penyebaran PMK pada sapi ternak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat terus terjadi. Petugas mencatat sebanyak 260 ekor tapi terindikasi positif PMK.

Petugas dokter hewan serta mahasiswa IPB terus melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ratusan ekor sapi milik para peternak di Blok Cigeureung, Kelurahan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Petugas menyuntik sapi dengan obat antibiotik, serta memberikan vitamin. Petugas meminta kepada para peternak untuk selalu membersihkan kandang sapi tiga kali sehari untuk mencegah wabah PMK yang kian meluas.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral