Harga Tiket Masuk ke Borobudur Dinaikan, Jumlah Pengunjung Dibatasi

Senin, 6 Juni 2022 - 13:20 WIB

Magelang, Jawa Tengah - Harga tiket naik ke bangunan Candi Borobudur yang berada di kawasan Magelang, Jawa Tengah mengalami kenaikan yang cukup fantastis. Wisatawan yang akan berkunjung ke Candi Borobudur juga wajib menggunakan jasa pemandu wisata warga lokal.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan akan membatasi pengunjung Candi Borobudur dan menerapkan tarif baru untuk tiket naik ke bangunan Candi Borobudur.

Bagi pengunjung lokal atau turis lokal yang akan naik ke bangunan Candi Borobudur nantinya akan membayar tiket sebesar Rp750.000. Sedangkan untuk turis mancanegara akan dikenakan biaya sebesar $100 Amerika Serikat atau sekitar Rp1,4 juta.

Sementara untuk tiket masuk kawasan Candi Borobudur hingga saat ini masih berada di kisaran harga Rp50.000 untuk pengunjung lokal dan untuk turis asing sebesar Rp350 ribu per orangnya.

Luhut mengatakan alasan menaikkan harga tiket naik ke bangunan Candi Borobudur ini demi untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara. Luhut juga menjelaskan jumlah kunjungan wisatawan yang naik ke bangunan candi Borobudur dibatasi per harinya, yaitu 1.200 orang.

dalam kesempatan ini Luhut jelaskan wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur nantinya wajib menggunakan jasa pemandu wisata warga lokal. Hal ini dilakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging atau rasa memiliki terhadap Borobudur.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
Viral