PMK Semakin Mengkhawatirkan, Petani Ini Tak Mau Sapinya Divaksin

Minggu, 19 Juni 2022 - 13:32 WIB

Banjar, Jawa Barat - Meski penyakit mulut dan kuku (PMK) Tengah merebak, peternak dan pedagang sapi di Banjar, Jawa Barat menolak satunya divaksin dengan alasan seluruh ternak mereka dalam kondisi sehat.

Di sisi lain penjualan sapi ternak mereka saat ini justru tengah meningkat menjelang Idul Adha ini sehingga para peternak tidak mau ambil resiko.

Di tengah ramainya vaksin PMK diberikan untuk hewan-hewan ternak jelang Idul Adha ini, sejumlah peternak sapi di Jawa Barat justru enggan memvaksin sapi ternak mereka.

Seperti peternakan sapi milik Enceng Sobirin, peternak sapi di Banjar, Jawa Barat. Enceng menjelaskan sapi-sapi miliknya hasil indukan dari wilayah Jawa Barat bukan dari Jawa Tengah yang memang banyak ke infeksi PMK.

Enceng pun menolak sapi ternak divaksin selain karena khawatir ada efek lanjutan vaksin. Ia merasa sapinya dalam kondisi sehat sehingga tak perlu divaksin.

Selain itu hingga saat ini belum ada kunjungan atau himbauan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan setempat ke peternakan milik Enceng. Saat ini enceng mengaku justru tengah meraup untung dengan berhasil menjual 30 ekor sapi untuk kurban.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
01:56
Viral