Jelang Idul Adha, Peternak Kambing dan Domba Kebanjiran Pesanan

Minggu, 3 Juli 2022 - 09:45 WIB


Pasuruan, Jawa Timur - Dampak wabah PMK yang melanda hewan ternak sapi di sejumlah daerah di tanah air membuat beberapa pasar hewan sepi. Di Pasuruan, Jawa Timur menjelang hari raya kurban, para pedagang sapi mengeluh karena sepi pembeli.

Sementara di daerah lainnya, hewan ternak seperti kambing dan domba justru mengalami kenaikan permintaan.

Jelang Idul Adha, pasar hewan di Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur tampak sepi pembeli. Menurut pedagang sapi, penjualannya di momen Iduladha tahun ini sangat menurun drastis.

Sepinya pembeli ini menurut pedagang lantaran masyarakat masih takut membeli sapi di tengah merebaknya PMK. Sementara itu pasar hewan gratis ini didominasi oleh pedagang kambing, bukan sapi. Hanya ada satu pedagang yang menjajakan sembilan ekor sapi di pasar tersebut.

Merebaknya wabah PMK terhadap hewan ternak sapi membuat berkah tersendiri bagi peternak kambing di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pasalnya, penjualan ternak kambing jelang hari raya Idul Adha atau kurban justru mengalami kenaikan hingga 75%.

Hal ini berbeda jauh dengan penjualan hewan sapi. Peternak kambing mengaku 75% kambingnya sudah terjual semua.

Harga kambing dijual Rp3,5 juta hingga Rp4 juta. Tahun ini harga kambing naik sekitar Rp300 ribu hingga Rp500 ribu per ekornya. Banyaknya pesanan kambing membuat omzet pedagang naik 100%. 

Sementara penjualan hewan kurban jenis domba di Sentra Penjualan Hewan Kurban di kawasan Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Jawa Barat mulai mengalami peningkatan hingga 30% dari tahun sebelumnya.

Kenaikan penjualan hewan kurban jenis domba ini dipicu maraknya penyakit mulut kuku yang menyerang sapi, sehingga pembeli kuatir dan tidak membeli sapi. Kenaikan penjualan domba ini menguntungkan dan membuat omzet pedagang meningkat.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
02:53
03:01
04:40
01:09
02:29
Viral