Rentetan Aksi Teror KKB di Tahun 2022

Senin, 18 Juli 2022 - 12:54 WIB

Papua - Aksi penyerangan dan pembantaian kerap dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata di Papua. Berikut aksi teror yang pernah dilakukan oleh KKB di Tahun 2022.

Pada awal Juli 2022 kontak tembak terjadi antara Satgas Kodim Yonif Para Raider 431/SSP Pos Kiwirok dengan KKB Ngalu, Kupel pimpinan Lamek Alepki Taplo di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Dalam kontak tembak, satu prajurit TNI bernama Prada Beryl Kholif Al Rohman anggota Kodim Yonif 411/SSP gugur. Korban tertembak di bagian kaki dan saat dievakuasi ke pos, korban dinyatakan gugur.

Seorang warga sipil menjadi korban tewas penembakan orang tidak dikenal di Kabupaten Puncak Papua pada April 2022. Jenazah Samsu korban penembakan orang tidak dikenal di bawah dari Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Papua ke rumah duka di Timika.

Setelah disemayamkan di rumah duka, jenazah diterbangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Tana Toraja. Korban meninggalkan seorang istri dan empat orang anak.

Kendaraan Satgas Operasi Damai Cartenz diserang KKB dI Kabupaten Nduga, Papua. Kontak senjata terjadi kurang lebih selama satu jam antara personel Satgas Damai Cartenz dan KKB.

Penembakkan terjadi saat personel berpapasan dengan kelompok KKB di jalan sehingga terjadi kontak tembak. Diduga pelaku penembakan adalah kelompok KB pimpinan Egianus Kogoya.

Masih di bulan April 2022, KKB terus melakukan teror kepada masyarakat. Belasan rumah warga di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak dibakar oleh KKB.

Personel kepolisian langsung menuju lokasi saat mendapat laporan peristiwa tersebut. saat dalam perjalanan personil ditembaki oleh kelompok kriminal bersenjata hingga terjadi kontak tembak. KKB akhirnya mundur setelah kontak tembak terjadi selama satu jam.

Sebelumnya KB juga membakar rumah warga di Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Saat ini personel gabungan terus melakukan patroli keamanan di daerah Ilaga.

Pada akhir Maret 2022 Seorang anggota TNI Sertu Eka Andrianto, Babinsa Koramil Pos Yalimo dan istrinya Sri Lestari Indah Putri seorang bidan Puskesmas Elim Dinas Kesehatan Kabupaten Yalimo Papua tergeletak bersimbah darah. 

Korban Sertu Eka tewas dengan luka tembak di bagian bawah ketiak kanan. Sedangkan istrinya sempat dalam keadaan kritis akibat luka sabetan benda tajam. Namun pada akhirnya meninggal dunia saat dalam perjalanan menuju ke puskesmas. 

Tidaknya itu satu orang anak korban yang masih balita juga menjadi sasaran penyerangan yang dari korban terluka.

Pada awal Maret 2022. kelompok kriminal bersenjata membantai selapan karyawan PT Palapa Timur Telematika di distrik Beoga Kabupaten Puncak, Papua. Satu karyawan Nelson Sarira selamat dari serangan KKB saat dirinya pergi menangkap ikan.

Satgas Damai Cartenz dan sejumlah personel TNI mengevakuasi delapan Jenazah korban kekerasan KKB menggunakan empat helikopter.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral