Potret "Permukiman Sampah" di Kepulauan Aru yang Tak Layak Huni

Minggu, 31 Juli 2022 - 13:03 WIB

Kepulauan Aru, Maluku - Warga di Kelurahan Siwalima Kepulauan Aru, Maluku tinggal dan bermukim di lautan sampah. Meskipun puluhan tahun hidup di lingkungan kotor warga mengaku sudah terbiasa lantaran tidak ada lahan kosong yang bisa ditempati.

Dalam video terlihat suasana permukiman warga di RT 01 RW 04 dan RT 03 RW 02 di Kelurahan Siwalima, Kepulauan Aru, Maluku. sampah yang menumpuk berasal dari sampah rumah tangga yang dibuang oleh warga sekitar.

Warga terpaksa membuang sampah disekitar rumah karena tidak ada fasilitas pembuangan sementara. Warga juga mengaku lahan pembuangan sampah sementara lokasinya jauh dan terbatas.

Pemukiman yang sudah ada puluhan tahun ini sebagian besar rumah warga berbentuk rumah panggung karena berdiri di atas rawa. Selain itu kebanyakan dari rumah panggung memiliki jamban yang pembuangannya langsung ke lingkungan yang mereka tinggali. 

Hingga saat ini belum ada upaya yang dilakukan oleh pemerintah setempat dalam membersihkan maupun mengangkut sampah-sampah yang menumpuk di pemukiman ini. Meskipun dipenuhi tumpukan sampah dan mengganggu kesehatan warga tak punya pilihan lain lantaran tidak ada lahan baru untuk ditempati.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:44
02:05
04:10
05:46
01:09
15:57
Viral