Respon Presiden Jokowi Kasus Pemanggilan Lukas Enembe

Selasa, 27 September 2022 - 12:26 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta Gubernur Papua Lukas Enembe menghormati proses hukum di KPK dengan memenuhi panggilan pemeriksaan. Sementara itu kuasa hukum Lukas Enembe menuding kasus yang menjerat kliennya adalah bentuk kriminalisasi dan kental aroma politik.

Presiden Joko Widodo angkat suara soal kasus korupsi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe sebelumnya KPK menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka. Namun hingga saat ini, Lukas belum dapat diperiksa oleh KPK lantaran belum satu kali pun menghadiri panggilan pemeriksaan.

Presiden Jokowi pun menegaskan Panggilan oleh KPK harus dihormati oleh sebuah pihak.

Sementara itu kuasa hukum Lukas Enembe menuding kasus hukum yang menjerat kliennya adalah bentuk kriminalisasi. Kubu Lukas menuding penetapan Lukas sebagai tersangka oleh KPK merupakan upaya intervensi yang dilakukan untuk menggeser kursi orang nomor satu di Papua itu.

Sebelumnya Menko Polhukam membeberkan kasus dugaan korupsi senilai ratusan miliar rupiah yang diduga dilakukan Lukas Enembe. Mahfud MD menyatakan dugaan korupsi yang menjerat Lukas merupakan satu dari 10 kasus korupsi besar yang terjadi di Bumi Cendrawasih.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral