Tragedi Stadion kanjuruhan, Komnas HAM: Komersialisasi jadi Aspek Keutamaan Bukan Keamanan

Rabu, 2 November 2022 - 17:15 WIB

Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menilai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) lebih mengedepankan aspek bisnis. Otoritas yang terlibat tidak memprioritaskan masalah keamanan.
 
Komisioner Komnas HAM, Mohammad Choirul Anam menyatakan telah terjadi pelanggaran bisnis dan human rights dalam laga derby Jawa Timur tersebut. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang.
 
"Jadi entitas bisnis yang mengabaikan hak asasi manusia. Dia lebih menonjolkan aspek bisnisnya daripada aspek HAM," kata Anam dalam jumpa pers, Rabu (2/11/2022).
 
Dalam investigasinya, Komnas HAM mendapatkan adanya jalinan komunikasi antara PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan perusahaan penyiaran (Indosiar). Didapati keterangan bahwa PT LIB tetap meminta laga Arema FC vs Persebaya digelar malam demi komersialisasi dan sponsor.
 
Kepolisian, kata Komnas HAM, telah minta agar jadwal pertandingan dimajukan sore hari. Kapolres Malang pun telah bersurat secara resmi kepada pelaksana yang juga ditembuskan kepada Ketua PSSI pada 13 September 2022. Pada hari yang sama, PT LIB berkomunikasi kepada Indosiar terkait permintaan perubahan kick off tersebut.
 
Namun, pihak broadcaster tetap berpendirian bahwa pertandingan harus dilangsungkan pada malam hari menawarkan kick off dari pukul 20.00 WIB ke pukul 19.30 WIB di Malang.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral