BMKG: Gempa Cianjur Akibat Pergeseran Sesar Cimandiri

Senin, 21 November 2022 - 20:26 WIB

Jakarta - Gempa magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 Waktu Indonesia Barat (WIB). Pusat gempa berada di 10 Kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan kedalaman 10 Km. 

Guncangan gempa bumi ini terasa hingga wilayah Jakarta serta diberbagai daerah lainnya seperti Depok, Bogor, Tangerang dan juga Bekasi. 

Terkait bencana gempa bumi yang menimpa wilayah Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) kemarin, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menduga untuk sementara waktu mengenai pemicu dari gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. 

Dampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. 

Bapak Bayu selaku Sub Koordinator Bidang Informasi Gempa Bumi BMKG menjelaskan, bahwa gempa bumi terjadi karena adanya pergeseran dari sesar Cimandiri. Sesar atau patahan merupakan suatu gejala adanya pergeseran lapisan batuan akibat gaya tekan kerak bumi. 

Wilayah bencana gempa bumi ini termasuk di wilayah episenter yang sangat kompleks. Sesar lokal yang bersumber dari wilayah tersebut sangat mungkin bisa menjadi pemicunya. 

Namun, bisa jadi sesar itu terdapat sesar lokal lainnya, seperti dari wilayah Padalarang atau Cirata dan berbagai sesar lokal lainnya yang masih belum teridentifikasi. 

Gempa di Cianjur, Jawa Barat bisa terbilang parah dikarenakan wilayah gempa bumi ini berada di tempat atau kedalaman dangkal, sehingga energi 5.6 magnitudo bisa sampai ke permukaan lebih dekat yang kebetulan di atasnya adalah pemukiman padat penduduk. Berikut selengkapnya. (ayu)  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral