Letak Sejumlah Sesar Aktif di Indonesia

Kamis, 24 November 2022 - 10:02 WIB

Jakarta - Kepala BMKG menyatakan, diduganya pemicu gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yaitu berasal dari sesar Cimandiri. Ternyata, begitu banyak jenis dan letak sejumlah sesar yang masih aktif di Indonesia diantara yaitu sesar Semangkuk, sesar Mentawai. 

Kemudian ada sesar Lembang yaitu sesar naik sepanjang 29 kilometer yang membentang dari gunung batu Lembang hingga Padalarang dan juga sesar Opak yaitu sesar naik yang membentang dari dataran tinggi Wonosari hingga Yogyakarta. 

Lalu sesar Kambing yaitu sesar naik yang melalui Pulau Kambing dan sesar Palu Koro yang disebut-sebut telah membelah Pulau Sulawesi dan terbentuk akibat benturan lempeng Indonesia-Australia dan juga Pasifik. 

Sesar Palu Koro juga diketahui sebagai sesar yang bisa menyebabkan tsunami. Sesar Itulah jenis sesar yang tercatat masih aktif di wilayah Indonesia.   

Sulfikar Amir selaku Sosiolog bencana menjelaskan, situasi letak Indonesia termasuk situasi negara yang penuh dengan marabahaya karena Indonesia secara geologis terletak di posisi yang sangat rawan terhadap bencana. Baik bencana tektonik dan berbagai bentuk marabahaya lainnya. 

Maka dari itu, kesiapsiagaan masyarakat Indonesia dari segi mental pun harus disiapkan terhadap bencana yang mungkin masih terjadi di wilayah Indonesia. (ayu)  

  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
00:55
Viral