Para Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Sejumlah Penyakit

Jumat, 25 November 2022 - 09:29 WIB

Cianjur, Jawa Barat - Ratusan pengungsi korban gempa Cianjur, Jawa Barat di Taman Prawatasari Joglo mulai terserang berbagai macam penyakit. 

Dari pantauan langsung tim tvOne di lokasi pengungsian Taman Prawatasari Joglo Cianjur, Jawa Barat, para pengungsi saat ini masih bertahan di dalam tenda pengungsian akibat cuaca di lokasi pengungsian yang buruk dan cukup dingin. 

Para pengungsi yang mulai diserang sejumlah penyakit kebanyakan adalah para lansia. Para pengungsi banyak mengalami darah tinggi dan asam lambung yang didasari akibat stress, lantaran melihat kondisi rumah yang rata dengan tanah dan kehilangan beberapa keluarganya yang menjadi korban dalam bencana gempa tersebut. 

Sementara itu, banyak anak-anak yang menderita batuk, pilek serta gatal-gatal yang disebabkan oleh cuaca yang buruk serta kondisi alas tidur yang hanya beralaskan tikar di tenda pengungsian yang kotor dan lembap.  

Untuk mengatasi masalah tersebut, petugas dari Kesdam III/Siliwangi selalu berkeliling dengan rutin guna memeriksa warga dan melihat warga yang tengah terserang penyakit.  

Bahkan, para korban yang sedang sakit langsung mendapatkan pengecekan dan perawatan selama 24 jam mengingat banyaknya korban yang saat ini membutuhkan pengobatan lebih. 

Terlihat juga di lokasi pengungsian terdapat posko kesehatan yang didirikan oleh Angkatan Laut (AL) yang siap menyediakan berbagai macam obat-obatan untuk para pengungsi. 

Dikabarkan juga pada Kamis (24/11/2022) kemarin, pihak Kementerian Pertahanan bersama salah satu yayasan melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan mata para korban bencana gempa di Taman Prawatasari Joglo Cianjur, Jawa Barat.   

Selain itu, untuk hal kebutuhan makan, para pengungsi mendapatkan makanan yang cukup yaitu 3 kali dalam sehari dengan total seluruhnya adalah 6.000 bungkus per harinya. (ayu)   

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral