Kode-Kode "Unik" Pidato Jokowi, Restui Siapa?

Senin, 28 November 2022 - 10:20 WIB

Jakarta - Pidato politik Presiden Jokowi di hadapan ribuan relawan Nusantara Bersatu tentang sosok calon presiden 2024 yang pantas dipilih disinyalir memberi restu kepada Ganjar Pranowo. 

Hal tersebut disebabkan ciri-ciri fisik yang disebutkan Jokowi di pidato politiknya mengarah ke sosok Ganjar Pranowo. 

Jokowi secara gamblang menganggap pemimpin yang memikirkan rakyat terlihat dari kerutan di wajah dan rambutnya yang putih semua karena memikirkan rakyat. 

Foto kolase - Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto / Antara. 

Selain itu, saat menghadiri pameran pertahanan pada (2/11/2022) lalu, Presiden Jokowi mengirim sinyal restu kepada mantan rivalnya yang kini menjadi Menteri Pertahanan yaitu Prabowo Subianto untuk ikut kembali dalam kontestasi Pilpres. 

Terkait hal tersebut, Andre Rosiade selaku politisi Gerindra memberikan pendapat bahwa hal itu termasuk hak Bapak Jokowi dan termasuk kedalam dinamika demokrasi. 

Pidato tersebut bisa dibilang bentuk 'menyemangati' untuk semua para kandidat-kandidat yang akan maju dalam Pilpres 2024. Tentu, pihak Partai Gerindra sangat menghormati hal tersebut.

Ray Rangkuti pun selaku analis politik memberikan pandangannya. Menurutnya, keduanya menjadi bentuk dukungan atau yang 'dijagokan' oleh Bapak Jokowi.

Ia juga menambahkan bahwa Kode-kode unik yang dikeluarkan oleh Bapak Jokowi merupakan salah satu cara berkomunikasi atau simbolik dalam memberikan dukungannya. Berikut selengkapnya (ayu)   

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral