Ridwan Soplanit Temukan 10 Selongsong Peluru Dekat Jasad Brigadir Yosua

Selasa, 29 November 2022 - 13:16 WIB

Jakarta - Salah satu saksi yang dihadirkan pada persidangan Selasa (29/11/2022) adalah AKBP Ridwan Soplanit.

Saat kejadian dialah yang melakukan olah TKP lantaran masih menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan. Saat persidangan tersebut Ridwan membeberkan apa yang dia temukan di TKP.

Mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit menyatakan menyatakan ada 10 selongsong peluru di beberapa titik di lokasi kejadian saat melakukan olah TKP. Namun hanya ada 7 peluru yang bersarang di jasad Yosua.

Ridwan Soplanit Memberikan Kesaksian Mengenai Keadaan Jasad Brigadir Yosua/Tim tvOne-Tangkapan Layar

Hal tersebut terungkap dalam sidang yang digelar pada Senin (21/11/2022) pekan lalu.

Menurut Ridwan Soplanit, jika 10 selongsong peluru ditemukan, maka total ada sepuluh tembakan yang dikeluarkan di lokasi kejadian. 

"Tadi waktu olah TKP kan ada barang bukti, ada selongsong peluru. Itu coba ditegaskan itu bungkus peluru atau apa?" tanya majelis hakim.

"Ya selongsong itu ya peluru, bungkusnya," jawab Ridwan Soplanit.

"Tadi kan ada sepuluh selongsong peluru, kalau ada sepuluh selongsong peluru dalam pemahamanmu ya itu artinya berapa peluru yang ditembak?" tanya hakim lagi.

"Sepuluh," jawab Ridwan.

Ridwan mengatakan, sepuluh selongsong itu ditemukan di dekat tubuh Brigadir Yosua, di meja makan, di bawah tangga, di sebelah kaki kanan Brigadir Yosua, di bawah rak minum, di kaki kursi, di depan kamar mandi, di samping badan pelaku, di area dekat pelaku, dan di bawah meja makan.

Dari sepuluh selongsong peluru itu, diketahui hanya ada tujuh peluru yang masuk ke tubuh Brigadir Yosua. Hal ini diungkap Ridwan berdasarkan hasil visum dari kedokteran forensik. 

"Terus yang tiga itu kamu tahu enggak, ditembak kemana kamu tahu enggak?" ujar hakim.

"Tidak. Makanya itu yang disebut di visum memang cuma tujuh yang masuk, tapi yang tiga itu tidak," jawab Ridwan.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral