Tiga Prosesi akan Dilakukan Kaesang dan Erina di Hari Pernikahannya

Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:08 WIB

Yogyakarta - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akan melepas masa lajangnya hari ini. Kaesang akan melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono siang ini.

Rangkaian acara akad nikah akan dimulai Sabtu pagi, tepat pukul 10.00 WIB, dan proses akad nikahnya akan berlangsung pada Pukul 13.00 WIB.

Prosesi hari ini akan dibagi menjadi tiga sesi yaitu diawali dengan proses pasrah tampi, akad nikah, dan panggih pengantin.

Pasrah tampi atau pasrah panampi sendiri merupakan permulaan prosesi panggih. Secara harfiah, 'pasrah' berarti menyerahkan, sedangkan 'tampi' berarti menerima dalam bahasa Jawa.

Panggih dimulai dengan keluarnya pengantin perempuan dan duduk di kursi berhias. Setelah itu, hadir rombongan pengantin laki-laki yang dipimpin oleh tetua atau sesepuh yang ditunjuk untuk 'pasrah'. Di sini, orang tua pengantin laki-laki dan keluarga tidak ikut dalam rombongan.

Tata cara 'pasrah' biasanya diisi dengan semacam pidato dari perwakilan pengantin laki-laki. Baru kemudian ada penyerahan sanggan berupa pisang raja, sirih ayu, kembang telon (bunga tiga rupa), benang lawe (benang yang dipintal), dan tunas pohon kelapa.

Kemudian, 'pasrah' dari pihak pengantin laki-laki diterima oleh perwakilan pengantin perempuan yang disebut 'tampi'.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:09
00:47
01:33
01:43
02:06
03:27
Viral