4 Amalan Baik Dalam Menyambut Bulan Ramadan, Simak Sampai Habis!

Selasa, 21 Maret 2023 - 14:30 WIB

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh umat Muslim, pada bulan ini Allah SWT  memberikan kesempatan lebih bagi umat-umatnya untuk memperbaiki diri. 

Maka dari itu, Bulan Ramadhan disebut juga dengan bulan yang suci dan penuh berkah. 

Adapun 4 amalan baik dalam menyambut Bulan Ramadhan guna menyempurnakan ibadah kita di bulan puasa. 

1. Beribadah Malam

Salah satu amalan Ramadhan yang sesuai dengan pesan Rasulullah adalah beribadah malam.

Hal ini sesuai dengan hadis riwayat dari Salman Al Farisi. Rasulullah SAW pernah berkhutbah kepada kami saat hari terakhir bulan Syaban.

فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ أَظَلَّكُمْ شَهْرٌ عَظِيْمٌ، شَهْرٌ مُبَارَكٌ، شَهْرٌ فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ،

Beliau berkata, wahai para manusia, kalian telah dinaungi bulan agung, bulan yang diberkahi, bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan.

2. Bersedekah

Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan diantara manusia lainnya. Beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan (HR Bukhari No. 4771 dan Muslim No.2307).

Oleh sebab itu, sudah semestinya sebagai umat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

3. Bersabar 

Amalan ramadan berikutnya yang sesuai dengan pesan Rasulullah adalah bersabar. 

Bulan Ramadhan adalah bulan untuk melatih kesabaran, bukan hanya menahan lapar tapi juga menanah hawa nafsu.

4. Saling peduli

Selain beribadah malam, bersedekah dan bersabar sesuai dengan pesan Rasulullah amalan ramadan berikutnya adalah bersikap saling peduli terhadap sesama karena sesungguhnya keutamaan bulan Ramadhan adalah berbagi dengan sesama. Berikut selengkapnya.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral