Sudah Memasuki Imsak, Bolehkah Tetap Makan dan Minum? Ini Penjelasannya

Rabu, 22 Maret 2023 - 16:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tak jarang, pada saat melakukan sahur kita sebagai manusia biasa, tak mengingat waktu imsak atau terlambat dalam bangun sahur dan tetap melakukan makan dan minum. Sebenarnya bagaimana hukumnya dalam ajaran Islam? 

Terkait hal tersebut, Syeikh Al Misry selaku pendakwah menjelaskan, imsak dalam Islam memiliki kegunaan untuk mengingatkan umat-umatnya untuk bersiap mengakhiri kegiatan makan dan berniat untuk melakukan puasa seharian. 

Jika hal tersebut, dilakukan masih pada awal imsak kita dipersilahkan untuk meneruskan dan menelan makanan tersebut namun tidak secara berlebihan bahkan hingga perut terasa begitu penuh. 

Jadi lebih tepatnya, imsak adalah suatu tanda peringatan dan masih diperbolehkan untuk menghabiskan makanan sahur, namun hal ini tidak diperbolehkan terjadi jika Adzan Subuh sudah berkumandang. 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyuruh para sahabat yang sedang sahur, untuk tetap makan minum hingga Ibnu Ummi Maktum melakukan azan subuh. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah : Rasulullah SAW berkata: 

"Jika ada di antara kalian yang mendengar panggilan untuk salat subuh dan di tanganmu adalah sebuah bejana, jangan meletakkannya sampai kamu selesai mengambil apa yang kamu butuhkan dari itu." Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral