Masjid Al-Hikmah, Jejak Syiar Islam Indonesia di Belanda

Senin, 10 April 2023 - 12:02 WIB

Den Haag, tvOnenews.com - Saat ini semakin banyak masjid tersebar di negeri kincir angin Belanda. Tujuh diantaranya adalah masjid Indonesia. Salah satunya berada di Den Haag yang merupakan bekas bangunan gereja.

Umat muslim di seluruh dunia meluangkan lebih banyak waktu beribadah di masjid selama bulan Ramadhan.

Ini akan menjadi masalah ketika umat muslim menjadi minoritas di negara Eropa yang belum banyak terdapat masjid.

Namun, fakta ini yang menyemangati umat muslim asal Indonesia yang tinggal di Belanda untuk terus mengupayakan ada lebih banyak masjid di negeri kincir angin tersebut.

Saat ini ada hampir 2 juta warga Indonesia ataupun keturunan Indonesia yang tinggal di Belanda.

Sejauh ini mereka telah meninggalkan jejak syiar Islam, dengan membuat 7 masjid di seluruh Negeri Belanda.

Salah satunya Masjid Al Hikmah yang berada di Den Haag. Uniknya masjid ini awalnya adalah bangunan gereja yang sudah sepi jemaat.

Dosen Universitas Leiden Suryadi mengatakan bahwa pada umumnya banyak gereja di Belanda yang menjadi kosong karena kaum mudanya semakin lama cenderung ateis.

“Dan ini menjadi problem karena di satu sisi gereja-gereja itu adalah warisan sejarah ya yang sangat penting. Untuk maintenance, untuk perawatannya para pengelola gereja itu mencari berbagai macam cara antara lain itu ya ada yang menjualnya,” tutur Suryadi.

Pengalihan fungsi gereja menjadi Masjid Al-hikmah terjadi di tahun 1990-an berkat sponsor dari Duta Besar RI saat itu yang juga seorang pengusaha, Almarhum Probosutedjo.

Masjid Al Hikmah Den Haaq menyelenggarakan salat tarawih berjamaah setiap bulan Ramadhan.

Masjid ini juga menjadi destinasi bagi kaum Muslim di Den Haag yang ingin melakukan itikaf atau Tadarus di bulan Ramadhan.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral