Bahaya Adu Domba dalam Islam, Begini Dosanya!

Kamis, 18 Mei 2023 - 10:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menurut Imam al-Ghazali, adu domba adalah mengungkapkan sesuatu yang tidak disuka untuk diungkap baik oleh orang yang mengungkapkan, orang yang diungkap, atau pun orang yang mendengar ungkapan tersebut, baik yang berupa perkataan maupun perbuatan, baik berupa aib atau pun pujian. 

Adapun sabda Rasulullah SAW yang mengatakan :

“Dari Abdullah bin Mas’ud, sesungguhnya Muhammad berkata, “Maukah aku beritahukan kepada kalian apa itu al adhhu? Itulah namimah, perbuatan menyebarkan berita untuk merusak hubungan di antara sesama manusia”. (HR. Muslim)

Sikap adu domba bertujuan untuk merusak hubungan manusia di mana hubungan baik akan berubah menjadi buruk, perselisihan akan kerap terjadi, dan saling mengejek atau pun menghina akan semakin marak diucapkan.

Salah satu bentuk kejahatan lisan adalah namimah (adu domba). Kata adu domba identik dengan kebencian dan permusuhan yang tentu kejahatan tersebut sangat dilarang oleh agama Islam. 

Ajaran Islam pun menjelaskan dampak negatif dari kejahatan adu domba meliputi mendapatkan siksa dan dosa. Berikut selengkapnya. (ayu)  

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral