Umat Muslim Wajib Belajar Bela Diri

Rabu, 20 Juli 2022 - 15:00 WIB

Dalam melawan kezaliman kaum musyrikin, Islam melakukan peperangan. Tak heran muncul banyak sekali pejuang Islam di era penyebarannya Salahuddin Al-ayyubi dan Usamah bin Zaid yang sewaktu ditunjuk oleh Rasulullah beliau berusia 18 tahun dan diutus untuk memimpin perang melawan Romawi Timur.

Awalnya banyak para sahabat yang meragukan kemampuan Usamah bin Zaid. namun pilihan seorang nabi tak pernah salah. Usamah pun berhasil menaklukkan pihak musuh dengan cepat. Namun sayang sepulangnya ke Madinah, Usamah tak dapat lagi bertemu Rasulullah selamanya karena Rasulullah telah wafat.

Islam menganjurkan untuk mengajari para pemuda beladiri sebagai persiapan bilamana terjadi peperangan, baik dalam membela agama Allah maupun kelak perang akhir zaman. Perintah tersebut Allah tuangkan dalam surat Al-Anfal ayat 60.

وَاَعِدُّوْا لَهُمْ مَّا اسْتَطَعْتُمْ مِّنْ قُوَّةٍ وَّمِنْ رِّبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُوْنَ بِهٖ عَدُوَّ اللّٰهِ وَعَدُوَّكُمْ وَاٰخَرِيْنَ مِنْ دُوْنِهِمْۚ لَا تَعْلَمُوْنَهُمْۚ اَللّٰهُ يَعْلَمُهُمْۗ وَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يُوَفَّ اِلَيْكُمْ وَاَنْتُمْ لَا تُظْلَمُوْنَ

“Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki dan dari pasukan berkuda yang dapat menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; tetapi Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu infakkan di jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dizalimi (dirugikan).”
(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral