Wanita Memiliki Kedudukan Mulia dalam Islam

Senin, 26 Desember 2022 - 12:00 WIB

Sesungguhnya wanita muslimah memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam dan pengaruh yang besar dalam kehidupan setiap muslim.
 
Dia akan menjadi madrasah pertama dalam membangun masyarakat yang salih, tatkala dia berjalan di atas petunjuk Al-Qur’an dan sunnah Nabi.
 
Karena berpegang dengan keduanya akan menjauhkan setiap muslim dan muslimah dari kesesatan dalam segala hal.
 
Kesesatan dan penyimpangan umat tidaklah terjadi melainkan karena jauhnya mereka dari petunjuk Allah dan dari ajaran yang dibawa oleh para nabi dan rasul-Nya.
 
Rasulullah bersabda, 
 
“Aku tinggalkan pada kalian dua perkara, di mana kalian tidak akan tersesat selama berpegang dengan keduanya, yaitu Kitab Allah dan sunnahku,” (Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam al-Muwaththa’ kitab Al-Qadar III).
 
Sungguh telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an betapa pentingnya peran wanita, baik sebagai ibu, istri, saudara perempuan, mapun sebagai anak. Telah dijelaskan pula hak-hak dan kewajibannya.
 
Peran wanita dikatakan penting karena banyak beban-beban berat yang harus dihadapinya, bahkan beban-beban yang semestinya dipikul oleh pria.
 
Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi kita untuk berterima kasih kepada ibu, berbakti kepadanya, dan santun dalam bersikap kepadanya.
 
Kedudukan ibu terhadap anak-anaknya lebih didahulukan daripada kedudukan ayah. Ini disebutkan dalam firman Allah, 
 
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu. Hanya kepada-Ku lah kamu akan kembali,” (QS. Luqman: 14).
 
Kemuliaan seorang wanita dalam islam memang tak bisa diragukan lagi, bahkan Allah SWT tidak segan menjanjikan surga bagi wanita yang taat menjalankan perintah-Nya. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral