Kasus Covid-19 di PON XX Papua, 83 Orang Terkonfirmasi Positif

Rabu, 13 Oktober 2021 - 14:30 WIB

Jayapura, Papua - Kasus positif Covid-19 di ajang PON ke-20 di Papua jumlahnya terus bertambah menjadi 83 orang yang terdiri dari atlet, ofisial, dan panitia PON XX Papua.
Penularan diperkirakan terjadi bukan saat pertandingan melainkan ketika berada di penginapan atlet atau saat makan bersama yang dipicu karena kurangnya disiplin protokol kesehatan. Hingga saat ini tercatat ada tujuh pasien yang sudah kembali ke daerah asal walau belum menyelesaikan masa isolasinya. 
"Per kemarin sudah diidentifikasi 65 kasus konfirmasi, sampai tadi siang itu menjadi 83 kasus konfirmasi dan memang terjadi konsentrasi di beberapa cabor seperti judo, sepatu roda, motocross, panahan, dan kriket. Juga konsentrasi terjadi di beberapa provinsi asal, utamanya DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, dan Bali," ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin.
Ia mengakui bahwa kondisi penginapan atlet menjadi faktor penyumbang penularan karena satu kamar diisi oleh empat orang atlet. Selain itu interaksi saat makan malam bersama juga diduga menjadi faktor pemicu.
"Kami juga mengamati ada tujuh atlet yang sebelumnya sudah teridentifikasi positif berhasil keluar dari tempat isolasi sebelum selesai masa isolasinya," sambungnya.
Ada pun ketujuh atlet itu berasal dari Tarakan, Jambi, Sidoarjo, dan Yogyakarta. Berdasarkan hal tersebut, pemerintah memerintahkan untuk mengisolasi kembali ketujuh atlet tersebut di tempat kedatangan masing-masing. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral