BMKG ingatkan masyarakat waspada hujan selama perjalanan mudik.
Sumber :
  • Antara

BMKG Ingatkan Masyarakat Waspada Hujan dan Angin Kencang Selama Perjalanan Mudik

Kamis, 28 April 2022 - 01:19 WIB

Banjarbaru, tvOne

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya hujan dan angin kencang selama perjalanan mudik saat ini.

"Untuk wilayah Kalimantan Selatan satu minggu ke depan masih berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang di beberapa lokasi, jadi pemudik patut waspada dan tetaplah berhati-hati," kata Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin Fitma Surya Arghani di Banjarbaru, Rabu.

Dijelaskan dia, berdasarkan analisis BMKG saat ini wilayah Kalimantan Selatan terdapat daerah konvergensi (pertemuan angin) dan terdapat adanya gelombang kelvin equator yang berpropagasi ke arah timur mencakup wilayah Kalimantan Selatan.

Kemudian kondisi udara atas di sekitar Kalimantan Selatan yang cukup labil, dengan didukung oleh kelembapan udara yang tinggi semakin menambah potensi banyak awan.

Alhasil, sejumlah faktor alam tersebut dapat berpotensi menghasilkan hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Untuk menunjang kelancaran mudik, BMKG pun senantiasa memberikan perkembangan terkini kondisi cuaca salah satunya melalui media sosial Instagram @cuacakalsel.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral