Personel Polsek Tabanan di RPH.
Sumber :
  • Tim tvOne/Alfani Syukri

Antisipasi Penyebaran PMK, Polisi Rajin Awasi Tempat Potong Ternak di Tabanan

Minggu, 3 Juli 2022 - 19:36 WIB

Tabanan, Bali - Dalam upaya mengantisipasi terjadinya penyebaran nyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Tabanan. Polres Tabanan, menurunkan Personel ke tempat pemotongan hewan di wilayah Kecamatan Tabanan, Minggu (3/7/2022).

Kegiatan pengawasan terhadap Rumah Potong Hewan (RPH) dilakukan oleh personiel Polsek Tabanan merupakan bagian dari antisipasi terhadap penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi pada hewan atau ternak sapi.

"Seperti kita ketahui bersama melalui media bahwa, di luar Bali telah terjadi penyakit ini menyerang ternak sapi.Maka, Polsek Tabanan melakukan langkah-langkah pencegahan dengan melakukan pengecekan terhadap hewan atau ternak yang akan dipotong, jangan sampai ada dari luar", jelas Kapolsek Tabanan Kompol I Made Pramasetia, Minggu (3/7/2022).

Pihak Polsek telah berkoordinasi dengan instansi terkait membidangi kesehatan hewan atau ternak untuk bersama-sama melakukan daya cegah dan tangkal terhadap penyebaran PMK. Dirinya mengimbau para peternak atau petani pemelihara hewan sapi dan kambing untuk tetap menjaga dan memerhatikan kebersihan dari peliharaannya dan kandang.

"Tetap melakukan koordinasi dengan UPTD membidangi perternakan untuk melakukan antisipasi jika ada hewan atau ternak terjangkit", katanya.

Dirinya mengimbau pula untuk tidak mendatangkan ternak dari luar Tabanan. Sampai saat ini berdasarkan pemantauan dan kordinasi dengan UPTD bidang perternakan belum ada ditemukan PMK di Kecamatan Tabanan. (asi/ebs) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral