Rutan Salemba.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rika Pangesti

6 Napi Dirawat di RS, Rutan Salemba Perketat Prokes Napi yang Baru Masuk

Senin, 14 November 2022 - 22:01 WIB

Jakarta - Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 pada varian baru XBB, Rutan Salemba Kelas 1A akan perketat pemeriksaan terhadap narapidana yang baru masuk.

"Antisipasi kita mencegah penularan dari narapidana yang baru dikirim ke Rutan Salemba yaitu pengecekan kesehatan," ucap Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Salemba Jakarta Pusat, Fauzi Harahap, Senin (14/11/2022).
Fauzi mengatakan, nantinya setelah narapidana tersebut melewati pemeriksaan maka akan langsung dipindahkan. Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan dalam hal melihat rekam medis.

"Ini kami lakukan guna mencegah Covid-19 terlebih subvarian XBB," tegasnya.

Fauzi mengatakan saat ini jumlah narapina sudah dua kali lipat dari jumlah normal. Saat ini jumlah narapina mencapai 3.352 narapidana yang mendekam di dalam.

"Saat ini ada 6 orang narapidana diantaranya tengah berada di Rumah Sakit Pengayoman menjalani perawatan medis. Rutan ini sebenarnya jika dalam kelayakan hanya bisa menampung 1.500," ungkapnya.

Selain itu, seluruh warga binaan di dalam Rutan Salemba telah mendapat vaksin Covid-19. Pemberian vaksin ini bertujuan untuk menciptakan kekebalan tubuh mereka.

Sebagai informasi, Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril menyampaikan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terus digencarkan seiring meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di dalam negeri.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral