Program TJSL Pertamina Sahabat Nelayan.
Sumber :
  • tim tvOne

"Pertamina Sahabat Nelayan", Bantu Majukan Ekonomi Nelayan Tanah Ampo

Kamis, 7 Maret 2024 - 14:12 WIB

Karangasem, tvOnenews.com - Dahulu, pagi dini hari di Teluk Tanah Ampo, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali terlihat banyak sorot lampu tempel dari laut. Ratusan nelayan berlayar mencari gerombolan ikan tongkol untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlihat salah satu kapal mendekati daratan dengan perlahan. Seorang nelayan letih mendayung dengan tumpukan jaring di kapalnya.

Setibanya di darat, nelayan itu membongkar mesin, membawanya ke kabupaten sebelah untuk memperbaiki mesin kapalnya. Tidak hanya sekali, dua kali para nelayan perlu mengeluarkan banyak energi, waktu dan biaya untuk memperbaiki mesin kapalnya yang rusak hingga keluar daerah karena belum ada tempat perbaikan mesin kapal di desanya. Kampung Kusamba yang berjarak 12 kilometer dari Tanah Ampo, menjadi tujuan terdekat nelayan yang ingin memperbaiki mesin kapalnya.

Kini kolaborasi antara PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Manggis dan PT Pertamina Lubricants hadir untuk membantu mengatasi permasalahan menahun nelayan Tanah Ampo melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Sahabat Nelayan. Program ini mendorong masyarakat pesisir terutama nelayan untuk mandiri dan memiliki kemampuan problem solving terkait kerusakan mesin kapal.

Setelah proses berjalan, Rabu (6/3) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Manggis dan PT Pertamina Lubricants bersama dengan KUB Nalayan Tanah Ampo menyelengarakan peresmian program Pertamina Sahabat Nelayan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem, Kepala Balai Latihan Kerja Karangasem, Perbekel Desa Ulakan, Bendesa Tanah Ampo, dan 4 KUB Nelayan Tanah Ampo.


Program TJSL Pertamina Sahabat Nelayan

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan tari sekar jagat sebagai bentuk peyambutan dan pembukaan kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak n elayan Tanah Ampo. Kemudian dilakukan seremonial penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara Pertamina dan KUB Nelayan yang disaksikan oleh I Putu Budiarta,  Bendesa Desa Ulakan dan I Ketut Sumendra, Perbekel Desa Ulakan.

Pengembangan Bengkel Sahabat Nelayan ini, disambut dengan gembira oleh seluruh nelayan yang ada di Tanah Ampo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral