Peristiwa longsor Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.
Sumber :
  • aris wiyanto

Tanah Longsor di Karangasem, Gudang Tertimbun dan Tiga Unit Motor Hanyut 

Jumat, 19 April 2024 - 16:02 WIB

Karangasem, tvOnenews.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, pada Kamis (18/4) malam membuat tanah longsor di pinggir sungai atau paluah gendang. 

Akibatnya, sebuah tempat usaha kayu milik I Wayan Darma yang terletak di Banjar Dinas Kalanganyar, Desa Gegelang, tergerus dan mengalami kerugian material yang cukup besar.

Kapolsek Manggis, Kompol Agung Budiarto mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 02.30 dini hari. 

"Akibat kejadian ini, (gudang penyimpanan) alat-alat kerja, kayu olahan, dan tiga unit sepeda motor milik I Wayan Darma tertimbun lumpur. Diperkirakan total kerugian mencapai Rp100 juta," kata Kompol Budiarto, Jumat (19/4).

Sementara, I Wayan Darma, korban sekaligus pemilik usaha kayu mengaku saat terjadi bencana, ia terbangun dari tidurnya karena mendengar suara gaduh. Saat keluar rumah, korban melihat tempat usahanya yang berada di tepi sungai sudah tergerus oleh aliran air yang deras.

Mendapati laporan kejadian tersebut, anggota Polsek Manggis langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi dan pendataan. Petugas juga membantu korban membersihkan lumpur dan puing-puing yang menimbun tempat usahanya.

Kompol Budiarto mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam, terutama di musim hujan seperti saat ini. Masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor dihimbau untuk selalu siaga dan memperhatikan kondisi sekitar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral