Petugas temukan monyet ekor panjang diperjualbelikan di Pasar Burung Satria, Bali, Selasa (11/1/2022)..
Sumber :
  • tvone - alfani

Razia Pasar Burung, Petugas Temukan Hewan Dilindungi Diperjualbelikan

Selasa, 11 Januari 2022 - 12:46 WIB

Denpasar, Bali - Tim gabungan dari BKSDA Bali,Pol PP, dan Dinas Kesehatan Kota Denpasar menggelar razia di Pasar Burung Satria, Jalan Satria, Denpasar pada hari Selasa (11/1/2022). Razia ini dilakukan untuk mengontrol penyebaran virus rabies di Kota Denpasar.

Walau dikenal dengan pasar burung, di pasar tersebut, dapat ditemukan jenis binatang lain yang dijual, Seperti ular, monyet, sampai ikan hias.

"Pimpinan ingin supaya penjualan hewan sesuai aturan karena kita di Bali kan termasuk endemis rabies," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, I Made Ngurah Sugiri.

Dia menambahkan, dalam razia kali ini, ditemukan salah seorang pedagang memperjualbelikan seekor monyet jenis ekor panjang. Binatang ini termasuk dalam kategori yang dilindungi.

Namun, terhadap pedagang tersebut hanya diberikan teguran tertulis. Selanjutnya, yang bersangkutan membuat surat pernyataan di atas materai tidak akan melakukan perdagangan monyet sejenis.

"Yang baru ditemukan itu yang jual beli ekor panjang 1 ekor. Hanya diberikan 1 surat di atas materai tak akan jual lagi," ujar Sugiri.

Dia menambahkan, sesuai ketentuan, bagi pelanggar dapat dikenakan sanksi denda Rp 50 juta atau 6 bulan kurungan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral