Petugas saat melakukan pengecekan kapal di Pelabuhan Sanur yang akan berangkat ke Nusa Penida, Rabu (4/5)..
Sumber :
  • tim tvOne - aris wiyanto

Over Load, Polisi Turunkan Penumpang di Pelabuhan Sanur-Nusa Penida

Rabu, 4 Mei 2022 - 13:09 WIB

Denpasar,Bali - Banyaknya Wisatawan yang ingin berwisata ke pulau Nusa Penida melalui pelabuhan penyebrangan tradisional Sanur, Denpasar Selatan, membuat sejumlah pengelola dan nakhoda kapal sengaja  mengangkut penumpang melebihi kapasitas muat kapal. 

Tindakan yang membahayakan penumpang ini langsung diatensi pihak kepolisian. Kasat Polairud Polresta Denpasar, Kompol A.A Gede Rai Darmayasa mengatakan, bahwa tindakan tegas diberikan kepada pihak pengelola dan khususnya nakhoda kapal yang tidak mengindahkan faktor keselamatan dan keamanan dengan mengangkut penumpang melebihi kapasitas atau over kapasitas. 

Kapal yang melanggar tidak diperkenankan berangkat jika kapasitas penumpang tidak disesuaikan.

"Keselamatan para penumpang yang kami utamakan dan menjadi prioritas sehingga para wisatawan dapat merasakan kenyamanan dan keamanan dan mencegah terjadi hal yang membahayakan selama menyebrang," kata Darmayasa, di Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali, Rabu (4/5/2022). 

Pihaknya juga melaksanakan pemantauan dan pengawasan kegiatan wisatawan di dermaga penyebrangan di Pantai Sanur di jalan Pantai Bangsal Denpasar Selatan. Karena,  antusias wisatawan domestik (Wisdom) dan Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang menuju ke Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan masih terlihat ramai. Petugas Satpolairud berkolaborasi dengan petugas Syahbandar wilayah Sanur, dan pihak terkait lainnya langsung terjun ke lapangan melakukan pengamanan dan pengecekan.

Sejumlah petugas ini, langsung naik ke atas kapal penumpang yang siap berangkat untuk langsung menghitung jumlah penumpang dalam kapal kemudian memeriksa kelengkapan kapal seperti jaket keselamatan, pelampung dan kelaikan kapal. 

Hal itu, dilakukan untuk memastikan kapal yang mengangkut penumpang memiliki kelayakan kapal berlayar dan memperhatikan keselamatan penumpang kapal, tidak ada over kapasitas sehingga tidak membahayakan penumpang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:00
02:28
03:46
00:53
01:49
01:23
Viral