Perubahan warna Danau Kelimutu di Kawah Dua, Koofai Nuamuri, dari warna hijau menjadi warna biru muda.
Sumber :
  • Tim Tvone-Tovik Koban

Danau Kelimutu Kembali Berubah Warna dari Hijau menjadi Biru Muda

Jumat, 13 Mei 2022 - 12:38 WIB

Ende, Nusa Tenggara Timur - Pesona Danau Kelimutu yang berada di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, kembali mengalami perubahan warna sejak Kamis (12/05/2022). Perubahan warna air Danau Kelimutu tersebut terjadi pada kawah Dua, pada danau Koofai Nuamuri, yang sebelumnya berwarna hijau. 

"Benar terjadi perubahan warga Danau Kelimutu pada kawah dua yang sebelumnya berwarna hijau menjadi biru muda," kata Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu Ende, Hendrikus Siga, saat dikonfirmasi tvonenews.com melalui telepon, Jumat (13/5/2022) pagi. 

Hendrikus menjelaskan, perubahan warna air danau Kelimutu pada kawah dua di kawasan Taman Nasional Kelimutu itu akibat adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Kelimutu berupa ada muncul asap putih dan bau gas belerang yang menyengat. 

"Berdasarkan laporan dari pos pemantau gunung api, terjadi peningkatan aktivitas gunung khususnya di kawah Dua, danau koofai Nuamuri. Dan ketika petugas kita pantau di lokasi tercium bau belerang," jelasnya. 

Meski terjadi peningkatan aktivitas Gunung Kelimutu yang berakibat terjadinya perubahan warna lanjut Hendrikus, pihak Taman Nasional Kelimutu belum menutup Kawasan Wisata Kelimutu untuk dikunjungi wisatawan. 

"Status aktivitas Gunung Kelimutu masih berada pada posisi level satu (normal). untuk itu kami masih membuka kawasan wisata Kelimutu untuk wisatawan. Namun demikian wisatawan yang datang harus mengenakan masker dan tidak mendekati kawah danau yang berubah warna karena bau belerang," pintanya. (ofk/Ask)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral