Cegah Aksi Terorisme Jelang KTT G20, BNPT Gandeng Tokoh Agama Hingga Tokoh Masyarakat.
Sumber :
  • Alfani Syukri

Cegah Aksi Terorisme Jelang KTT G20, BNPT Gandeng Tokoh Agama Hingga Tokoh Masyarakat

Rabu, 29 Juni 2022 - 16:02 WIB

Bali - Indonesia resmi ditetapkan sebagai sekretariat G20 sekaligus tuan rumah penyelenggaraan sejumlah pertemuan G20 diantaranya pertemuan KTT yang melibatkan pimpinan negara perwakilan G20. 

Mengingat pentingnya presidensi G20 bagi Indonesia dan dunia, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan dialog kebangsaan.

Dialog kebangsaan tersebut mengangkat tema "Peran Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme Menjelang Pelaksanaan KTT G20” dan deklarasi kesiapsiagaan nasional untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam mencegah aksi terorisme menjelang KTT G20.

Deklarasi kesiapsiagaan nasional dan dialog diadakan guna mencegah terjadinya tindak pidana terorisme. Adapun kegiatan ini digelar di Discovery Kartika Plaza Hotel, Badung, Bali, pada Rabu (29/6/2022).

Kesiapsiagaan nasional merupakan salah satu program pencegahan tindak pidana terorisme yang diamanatkan dalam UU Anti Terorisme. Upaya kesiapsiagaan salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat.

Mengingat pentingnya peran masyarakat dalam mendukung pengamanan penyelenggaraan KTT G20, BNPT menggandeng 200 unsur masyarakat yang merupakan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh mahasiswa, dan pecalang. 

BNPT juga melakukan Pelatihan Mitigasi Aksi Terorisme Integrative yang melibatkan aparatur negara di wilayah Bali, sehingga segenap kekuatan kewilayahan selalu siap dan dapat mengurangi resiko saat terjadi aksi teror.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
Viral