tiga orang tersangka.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rusdi

Polisi Gadungan Peras Calon Pekerja Migran Dibekuk Reskrim Polresta Bandara Soetta 

Sabtu, 18 Maret 2023 - 17:36 WIB

Tangerang, tvOnenews.com - Polisi menangkap tiga komplotan pelaku pemerasan disertai pencurian dan kekerasan. Modus pelaku berpura-pura sebagai anggota kepolisian dengan menyasar korban para calon pekerja migran yang hendak berangkat ke luar negeri melalui Bandara Soekarno-Hatta.

"Polresta bandara Soekarno Hatta melakukan pengungkapan tindak pidana pemerasan dan pencurian dengan kekerasan. Tersangka yang sudah diamankan sejumlah 3 orang," ujar Kasatreskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Reza Pahlevi, Sabtu (18/3/2023).

"Modus operandi yang dilakukan oleh para tersangka antara lain dengan berpura-pura sebagai anggota kepolisian menghampiri calon pekerja migran yang hendak berangkat ke luar negeri untuk kemudian memintakan kelengkapan dokumen, setelah menemukan kemudian para pelaku melakukan pemerasan meminta sejumlah uang dengan dalih apabila tidak di serahkan para pekerja tidak bisa di berangkatkan," sambungnya.

Reza menjelaskan, dari hasil kejahatan itu para pelaku berhasil merampas barang-barang bawaan milik korban berupa uang tunai, telepon genggam, dokumen perjalanan dan juga kartu identitas.

"Dari hasil pengungkapan tindak pidana ini diketahui satu orang dari pelaku juga menyamar sebagai korban, jadi pada saat keberangkatan pelaku berinisial G ini sudah lebih dulu merencanakan aksinya dengan rekan rekan-rekan lainnya, sehingga dua rekan lainya sudah terlebih dahulu siap menantikan kedatangan para korban di Terminal 3," sebut Reza.

Disebutkan Reza, tiga tersangka yakni FF, IK, dan G. Masing-masing memiliki peran berbeda. Tersangka G sendiri adalah otak dari aksi kejatahan tersebut.

"Yang pertama FF ini berperan sebagai penyedia kendaraan, kemudian melakukan pengiringan para korban menuju salah satu area parkir. Kemudian tersangka dengan inisial FF juga melakukan komunikasi dengan menggunakan telepon genggam milik korban untuk menghubungi agensi yang memberangkatkan para korban untuk meminta sejumlah uang dan dia juga yang mencegat para pekerja sebelum masuk ke area Terminal 3 Bandara Soetta," paparnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral