Karoops Polda Banten KBP Amiluddin Roemtat.
Sumber :
  • Tim tvOne/Siti Ma'rufa

Waspada Dampak La Nina, Kapolda Banten Berikan Delapan Intruksi

Selasa, 9 November 2021 - 17:13 WIB

Cilegon, Banten– Mewaspadai bencana alam dampak La Nina, Polda Banten telah melaksanakan rapat koordinasi (Rakor)dengan pihak terkait seperti BPBD dan BMKG Banten agar siap siaga.

Dalam rakor tersebut, melalui Karoops Polda Banten KBP Amiluddin Roemtat, Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, memberikan delapan instruksi yang harus dilakukan oleh para Kapolres.

“Ada 8 instruksi Kapolda Banten yang harus dilakukan oleh para Kapolres termasuk Pejabat Utama Polda Banten dalam kesiapsiagaan dan mitigasi bencana alam, instruksi disampaikan Kapolda Banten dalam rapat koordinasi lintas instansi tersebut,” ujarnya usai acara Rapat Koordinasi Pengamanan Bersama Mitra Objek Vital di The Royale Krakatau, Selasa (09/11/2021).

Delapan Intruksi tersebut, diantaranya, untuk segera menginventarisir kerawanan bencana, melaksanakan apel siaga dan simulasi bencana, terjun langsung memberikan pertolongan dan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana, menyiapkan tempat-tempat penampungan yang aman dengan sanitasi yang baik dilengkapi dapur umum, bahkan meminta jajaran Reserse untuk melakukan tindakan tegas pelaku pembalakan liar dan penambangan ilegal yang berdampak pada bencana alam.

“Saat ini, kita ketahui bahwa bencana rawan terjadi di wilayah Lebak, seperti bencana banjir dan longsor. Semua Kapolres diminta untuk turun ke lapangan dan mendatakan tempat-tempat rawan bencana di wilayahnya masing-masing,” ungkap Roemtaat.

Selain itu,  Kapolda Banten juga telah meminta para Kapolres untuk mendatakan para pemilik alat berat dan memploting alat berat tersebut pada tempat-tempat rawan bencana yang sudah dipetakan.

“Jangan sampai terulang kembali saat bencana, ada alat berat tapi tidak ada operatornya, atau ada bencana, tapi tidak ada alat berat untuk membantu recovery bencana,” kata Roemtaat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral