Antrean jemaah haji saat melakukan tes usap di Gedung MUI Kota Tangerang.
Sumber :
  • Rusdy Muslim

Jelang Keberangkatan, PCR Calon Jamaah Haji Membludak

Jumat, 3 Juni 2022 - 11:31 WIB

Tangerang, Banten - Sebanyak 389 calon jemaah haji kloter pertama Kota Tangerang, jalani pemeriksaan tes usap PCR di Gedung MUI Kota Tangerang, Jumat (3/6/2022). 

Pemeriksaan ini dilakukan sebagai syarat wajib bagi calon jemaah haji untuk masuk ke tanah suci Mekah. Nantinya, jika ada ditemukan kasus positif, maka jemaah akan ditunda pores keberangkatannya dengan kloter berikutnya dan akan ditangani dengan proses isolasi mandiri. 

Para jemaah pun terlihat antusias untuk antre melakukan pendataan untuk diambil sampelnya. 

Salah satu ketua rombongan kloter satu jemaah haji Kota Tangerang, Ahmad Damanhuri mengatakan, para jemaah telah melewati berbagai kesiapan termasuk tes kesehatan. 

"Semua sudah dijalani dan untuk jemaah nantinya ruang gerak agak sedikit dibatasi dan difokuskan untuk mengikuti ibadah wajib dan rukun agar bisa terjaga kesehatannya," katanya. 

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyiapkan 41 tenaga medis dan menyiapkan laboratorium kesehatan daerah menjadi tiga shift untuk melakukan tes usap pada para jamaah. 

"Kita siapkan 41 tenaga medis dan bila ditemukan ada kasus maka keberangkatannya akan ditunda," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral