Suasana jual beli di Pasar Badak, Pandeglang, Banten.
Sumber :
  • timtvOne - Siti Ma'rufah

Harga Cabai Rawit Tembus Rp120 Ribu Per Kilogram Bikin Pedagang dan Pembeli "Kepedasan"

Senin, 6 Juni 2022 - 16:36 WIB

Pandeglang, Banten - Harga cabai rawit di Pasar Badak, Pandeglang, Banten, terus mengalami pelonjakan. 1 kilogram cabai rawit tembus hingga Rp120 ribu. Selain itu sejumlah komoditas lainnya juga turut mengalami kenaikan. 

Ningsih, salah seorang pedagang mengeluhkan kondisi tersebut. Harga cabai rawit yang biasa dijual Rp32 ribu per kilogramnya kini dijual Rp120 ribu. Naik lebih dari 100 persen. Sementara Cabai keriting yang biasa dijual Rp30 ribu melonjak menjadi Rp80 ribu. 

"Kenaikan sudah sekitar tiga hari, ini tidak bertahan tapi langsung naik begitu saja. Menurut informasi katanya akibat pasokan kurang petani gagal panen," kata Ningsih, Senin (06/06/2022).

Bukan hanya aneka cabai yang naik, sejumlah komoditi lain juga turut meroket. Bawang merah dan tomat turut mengalami pelonjakan harga. Bagi pedagang, kenaikan harga-harga menyebabkan omzet penjualan mereka menurun. 

"Pembelian kurang, ya omzet juga ada penurunan sekitar 20 persen setiap harinya," singkatnya.

Kondisi yang sama juga dikeluhkan oleh konsumen. Didin pembeli di Pasar Badak mengaku sangat keberatan dengan tingginya harga bahan bumbu dapur saat ini. Ia terpaksa mengurangi pembelian karena daya beli yang menurun. 

"Sangat mengeluh dengan kenaikan ini, pembelian pun saya dikurangi. Pemasukan dengan pengeluaran karena lebih besar pengeluaran, karena saya cuma jualan seblak di rumah," kata Didin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral