Anak-anak Badui Luar belajar menulis dan membaca tanpa didampingi guru dan belajar sambil tiduran di bale-bale di pemukiman Badui di Kadu Ketug Kabupaten Lebak..
Sumber :
  • ANTARA/Mansur

Pendidikan Formal Anak-Anak Badui Luar, Wakil Bupati Lebak: Minimal Mereka Mampu Calistung

Senin, 1 Agustus 2022 - 13:19 WIB

Lebak, Banten - Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten siap membantu anak-anak Badui Luar untuk mendapatkan pendidikan formal, agar anak-anak yang berada di pedalaman bisa membaca dan berhitung.

 "Kita berharap anak-anak di pedalaman minimal mampu calistung," kata Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, di Kabupaten Lebak yang dipusatkan di Kawasan Pemukiman Masyarakat Badui Luar di Kampung Kaduketug, Lebak, Senin (1/8/2022)
Pemerintah Kabupaten Lebak siap membantu anak-anak Badui Luar yang ingin sekolah formal. Bahkan, pemerintah daerah akan membangun sarana pendidikan yang lokasinya berdekatan dengan pemukiman Badui.

Mereka anak-anak Badui Luar yang ingin sekolah formal, namun tetap tidak melanggar adat istiadat setempat.

"Kami tetap menghargai dan menghormati keyakinan adat masyarakat Badui," katanya.

Menurut dia, saat ini, anak-anak Badui juga ada yang belajar pada pendidikan non formal yakni Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Mereka pengelola PKBM memiliki teknik tersendiri untuk menampung anak-anak Badui agar mampu calistung.

"PKBM lokasinya di sekitar pemukiman Badui agar anak-anak Badui mau belajar. Namun demikian, pihaknya berharap kedepan anak-anak Badui Luar mau sekolah formal."Jelasnya.

 Saat ini, kata Wakil Bupati, banyak putra-putri Badui kini menjadi Polisi, TNI hingga Aparatur Sipil Negara (ant/mii).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral