Dede Asiah TKW asal Karawang yang Dijual di Suriah.
Sumber :
  • Agung Prasetio

Ini Respon Disnakertrans Karawang Soal Video Viral TKW Nangis Minta Pulang Usai Dijual di Suriah

Minggu, 2 April 2023 - 01:53 WIB

Karawang, tvOnenews.com - Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Dede Asiyah warga Karawang viral di media sosial setelah mengaku menjadi korban perdagangan manusia ke Suriah. Atas hal tersebut Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang akan menindaklanjuti kasus tersebut.

"Sudah (menerima laporan). Kemarin semenjak video itu viral soal TKW atas nama Dede Asiyah, kami langsung mengecek nama itu di Sitkom DLN (Sistem Komputer dalam dan Luar Negeri), namun datanya tidak ada," ujar Kepala Subkor Penempatan Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri Ijum Junaedi, Sabtu (1/4/2023). 

Ijum mengungkapkan, bahwa Dede merupakan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal atau tidak memiliki prosedur yang berlaku. Pasalnya, saat Dede menghubungi KBRI tidak mendapatkan respons karena tidak tercatat dalam PMI yang sedang bekerja di luar negeri. 
 
"Dia (Dede Asiyah) memang berangkat kesana unprosedural. Makanya dia mengaku sudah menghubungi KBRI tapi tidak ada tindakan, sebetulnya bukan tidak ada tindakan disana mungkin belum ditindak karena berangkatnya unprosedural," ungkapnya. 
 
Tidak sampai di situ, menurut Ijum, pihak Disnakertrans Karawang pun akhirnya dapat mengetahui bahwa Dese merupakan warga dari Kecamatan Cikampek. Untuk menindaklanjuti, Disnakertrans juga sudah menyurati Kementrian Tenaga Kerja dan Kementrian Luar Negeri. 
Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral