Dudu Rohman, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya.
Sumber :
  • timtvOne - Denden Ahdani

Jemaah Haji Asal Tasikmalaya Meninggal di Madinah, Jenazah Akan Langsung Dimakamkan

Rabu, 31 Mei 2023 - 16:37 WIB

Tasikmalaya, tvOnenews.com - Seorang jamaah haji bernama Aminah Uyu Sunarta (65), warga Kampung Cidadali, Desa Cikalong, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya meninggal saat dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) King Fahd, Madinah, Arab Saudi, Selasa (30/05/2023).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Dudu Rohman membenarkan adanya jamaah haji yang meninggal di Madinah, Arab Saudi tersebut. Diduga, jemaah haji yang tergabung dalam kloter 7 embarkasi haji Bekasi tersebut meninggal karena dehidrasi dan radang paru-paru.

"Iya benar ada jemaah haji yang meninggal asal Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Informasinya tadi yang sampai ke kami, almarhumah didiagnosis dehidrasi dan radang paru-paru," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Dudu Rohman, Rabu (31/05/2023).

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag, Kabupaten Tasikmalaya, Yayat Kardiat mengatakan, sebelum berangkat ke tanah suci, jamaah haji yang meninggal itu terpantau sehat. Berdasarkan data dari Kartu Jemaah Haji (KJH), jamaah haji itu mempunyai riwayat paru-paru.

"Kondisinya dari awal sehat dilihat dari Kartu Jamaah Haji (KJH). Adapun riwayatnya memang paru ada ya. Jadi penyebab penyakitnya paru dan dehidrasi ya," kata Kasi PHU Kantor Kemenag, Kabupaten Tasikmalaya, Yayat Kardiat.

Menurut Yayat, Aminah yang berangkat ke tanah suci bersama suaminya itu rencananya akan langsung dimakamkan di Madinah. Selain itu, Aminah juga akan mendapatkan COD (Certivicate of Death) dan asuransi dari rumah sakit.

"Almarhumah ke Mekah sama suaminya. Kalau meninggal di sana, nanti dimakamin di Madinah. Nanti ada COD (Certivicate of Death). Kemudian, ada asuransinya dari rumah sakit, untuk pengklaiman," ucap Yayat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral