Warga menunjukan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) yang diperoleh dari program PTSL ATR/BPN Kabupaten Ciamis.
Sumber :
  • timtvOne - Aditya Tri Wahyudi

Hore! ATR/BPN Ciamis Serahkan Sertifikat Tanah Kepada Warga

Jumat, 21 Juli 2023 - 13:30 WIB

Ciamis, tvOnenews.com - ATR/BPN Kabupaten Ciamis Jumat (21/07/2023) pagi membagikan 300 Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) secara gratis kepada warga Desa Sukahurip, Kecamatan Cisaga, Ciamis, Jawa Barat. Pembagian SHAT tersebut merupakan lanjutan dari Pendaftaran Sertifikat Sistematis Lengkap (PTSL) pemberdayaan Masyarakat tahun 2023 di Ciamis. 

Pembagian SHAT kepada warga dilaksanakan di aula Desa Sukahurip. Warga yang akan mengambil sertifikat ini wajib membawa KTP dan bukti pembayaran administrasi panitia desa. Bila warga pemilik sertifikat berhalangan datang diwajibkan membuat surat kuasa. Sementara bagi pemilik sertifikat yang sakit petugas akan mendatanginya langsung.

"Kegiatan PTSL ini merupakan salah satu program strategis nasional yang pelaksanaannya sudah dibiayai oleh pemerintah, sementara untuk pra sertifikasinya merupakan kewajiban dari pemilik tanah dalam mempersiapkan berkas yang dibutuhkan dan seluruh proses ini sudah diatur dalam SKB 3 menteri dan SK Gubernur Jabar serta Bupati Ciamis," ucap ketua tim 5 PTSL PM Ciamis, Adnan Fabyandi kepada tvonenews.com.

Proses sejak awal pengukuran tanah hingga pembagian sertifikat, petugas membutuhkan waktu 6 bulan. Pembagian sertifikat di aula desa hanya diberikan 298 bidang dan sisanya 2 bidang diserahkan langsung oleh petugas ATR/BPN ke rumah karena pemiliknya dalam kondisi sakit. Pembagian sertifikat itu disaksikan oleh perangkat desa, kecamatan, Polsek dan Koramil setempat.

"Pembagian 300 bidang sertifikat saat ini merupakan tahap pertama dan dua bidang kami serahkan langsung ke rumah karena pemiliknya sedang sakit," tambah Adnan.

Sementara menurut kepala ATR/BPN Ciamis, Wawan Hermawan, Kabupaten Ciamis memiliki target 80 ribu bidang tanah di tahun 2023 dan akan selesai diakhir tahun.

"Insyaallah target bisa kami capai hingga akhir tahun ini dan saat ini semua masih dalam proses," kata Wawan Hermawan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral