Warga Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, antre terima air bersih..
Sumber :
  • Usep Saripudin

Kekeringan Makin Parah, Ratusan Warga Nambo, Klapanunggal Bogor, Terima Bantuan Air Bersih dari Sejumlah Pihak

Jumat, 13 Oktober 2023 - 15:45 WIB

Bogor, tvOnenews.com - Sudah lebih dari tiga bulan musim kemarau melanda sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Bogor yang identik dengan sebutan Kota Hujan. Kondisi ini membuat sumur-sumur warga tak lagi bisa diharapkan sebagai sumber air bersih. Selain itu sungai-sungai juga mengering, sawah pun tak lagi terlihat menghijau lantaran hujan tak kunjung datang.

Akibatnya, ratusan warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk minum, mandi, mencuci dan kebutuhan sehari-hari. Derita ini juga dirasakan warga Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diakui Ketua RT 011/06, Lanin sudah lebih dari satu bulan warganya kesulitan mendapatkan air.

"Pompa-pompa warga kering, sumur sudah nggak ada airnya. Kita terpaksa harus beli air isi ulang buat minum mah. Padahal untuk mandi dan mencuci butuh banyak air," keluhnya.

Merespon kondisi ini, sejumlah lembaga sosial kemanusiaan dan lembaga amil zakat ikut bergerak, selain itu kepedulian juga diberikan oleh salah satu perusahaan yang yang beroperasi di Desa Nambo.

Perusahan yang bergerak dibidang pengolahan limbah itu mengerahkan 40 truk tangki dan membuat pipanisasi dari sumur perusahaan, untuk penyaluran air bersih ke desa tersebut.

'Kami salurkan 320 ribu liter secara bertahap ke masyarakat Desa Nambo sejak 25 September lalu dan masih terus berjalan sampai hari ini," terang manager perusahaan, Achmad Farid.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:14
02:34
06:16
02:18
02:52
01:44
Viral