Tersangka.
Sumber :
  • Tim tvOne/Mely Kasna

Belajar dari YouTube, Pemuda Depok Ini Bobol Kartu Multi Trip Commuter Line Rp 12 Juta, Langsung Ditangkap Polisi

Selasa, 5 Maret 2024 - 06:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Seorang pemuda di Depok, Jawa Barat, berhasil membobol kartu multi trip commuter line atau KRL milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) senilai Rp 12 juta. Mencengangkannya lagi, pelaku melancarkan aksi hackernya itu dengan ponsel.

Usut punya usut, pria bernama Addril (22 tahun), sukses membobol sistem keuangan KAI secara otodidak dari tayangan YouTube.

Bahkan, pemuda lulusan SMA di Depok itu mengaku, cuma butuh waktu dua hari untuk bisa mempelajari trik membobol kartu multi trip tersebut.

Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana menjelaskan, modus pelaku adalah dengan cara mengisi saldo top up kartu (KMT KAI Commuter) menggunakan aplikasi C-Access dan aplikasi HttpCanary dengan metode pembayaran melalui aplikasi Gopay. 

"Jadi dia (tersangka) ini mengubah sistim aplikasi C-Access sehingga pembayaran atau tagihan administrasi hanya Rp 1 (satu rupiah) setiap top up. Nah pelaku ini mendapatkan saldo top up sebesar Rp12.414.998 dari 25 kali top up dengan pembayaran Rp 25 perak," katanya pada Senin (4/3/2024). 

Kasus pencurian saldo KRL ini terungkap setelah pihak PT KAI merasa curiga dengan kejanggalan transaksi dalam sistem keuangan mereka.

"Ini awalnya laporan PT KAI yang melihat kok saldonya tidak sesuai dengan apa yang diisikan, ada ketidak cocokan. Jadi mereka punya satu sistem yang melihat ada transaksi yang mencurigakan dalam data pengisian atau top up," katanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral