Ganjar Cahyadi.
Sumber :
  • Tim tvOne/Cepi Kurnia

Kawanan Monyet Ekor Panjang Berkeliaran di Bandung, Ganjar: Hewan Terancam Punah

Sabtu, 9 Maret 2024 - 11:11 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Kurator Museum Zoologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) Ganjar Cahyadi mengungkapkan monyet ekor panjang yang berkeliaran di pemukiman merupakan spesies terancam punah. Keberadaan mereka yang pertama kali muncul di Bandung Utara sudah bergerak berada di Bandung Timur.

"Jadi kelompok monyet ini secara global berdasarkan lembaga asesmen spesies di dunia, monyet ekor panjang salah satu monyet terancam punah in danger," kata Ganjar Cahyadi saat ditemui tvOnnews,  Jumat (8/3/2024).

Cahyadi  mengatakan meskipun terlihat banyak di alam, namun monyet ekor panjang dinilai tidak memenuhi syarat hewan yang memiliki populasi banyak. Sebab tren yang berkembang sedang menurun.

"Meski terlihat banyak ketika dinilai tidak memenuhi syarat dianggap hewan yang memiliki populasi banyak tapi tren menurun," kata dia.

Ganjar melanjutkan terdapat berbagai kemungkinan penyebab monyet tersebut keluar dari habitat dan bergerak ke pemukiman. Ia mengatakan monyet ekor panjang spesies aktif dibandingkan Lutung atau Surili. 

Dengan adanya persaingan dalam mendapatkan makanan, ia mengatakan hal itu yang membuat monyet bergerak ke pemukiman. Ia menduga kelompok lain menggusur kelompok monyet yang berada di Taman Hutan Raya Djuanda bergerak ke pemukiman. 

"Ketika ada sesuatu terjadi kepada monyet ini salah satu area yang bisa dijadikan monyet ini menghindar dengan kelompok lain perkotaan yang dekat pemukiman warga," kata dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral