Kondisi Sungai Cikihiyang di Margahayu, Kabupaten Bandung dipenuhi sampah..
Sumber :
  • tim tvOne - Suhendar

Tidak Dibersihkan, Sungai Cikahiyang Bandung Penuh Sampah 

Rabu, 26 Januari 2022 - 11:13 WIB

Bandung, Jawa Barat - Pemandangan tak sedap terlihat dari atas sebuah jembatan kecil Sungai Cikahiyang, di Jalan Margahayu, kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/1/2022). Sampah yang didominasi limbah rumah tangga dan plastik menumpuk dan hampir memenuhi seluruh aliran sungai. Sungai itu berwarna hitam pekat dan menimbulkan bau tak sedap.

Sungai di Sayati Margahayu ini seolah tak lagi dialiri air, tetapi berubah seperti "sungai lautan sampah". Tinggi hamparan sampah di sungai tersebut hampir sejajar dengan jalanan di atasnya.

Seorang warga Septi Vilyanti, menyebut bahwa sungai di sekitar rumahnya itu tak dibersihkan sejak dua minggu yang lalu. Ia mengakui, warga di kawasan tersebut tak memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah di sungai.

"Bagaimana sampah tidak menumpuk, yang buang banyak, setiap hari dan enggak ada yang bersihin," keluhnya.

Warga lain bernama Dedy menyatakan hal serupa. Dia menyebut akses pembuangan sampah di sekitar permukiman mereka cukup jauh sehingga warga seringkali membuang sampah ke sungai.

"Kalau mau buang sampah ya harus ke pasar, jadi warga itu biasanya males dan milih buang ke kali," kata Dedy.

Selain itu, akibat sampah ini, kawasan Margahayu kerap di landa banjir jika turun hujan. "Sering banjir karena aliran sungai tertutup sampah," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral