Perajin tahu di Parung, Bogor mogok produksi karena bahan baku mahal.
Sumber :
  • Eko Hadi

Tidak Tunggu Besok, Perajin Tempe Tahu di Parung Bogor Sudah Mogok

Minggu, 20 Februari 2022 - 21:09 WIB

Bogor, Jawa Barat - Seakan tidak perlu menunggu besok, perajin tempe tahu di Kampung Jati, Desa Parung Kecamatan Parung sudah mulai tidak produksi, Minggu (20/2/2022). Aksi mogok itu bahkan telah dilakukan para perajin sejak Sabtu (19/2/2022) sebagai bentuk protes tingginya harga kedelai sebagai bahan baku tahu tempe yang terus meroket setiap hari.

Diketahui saat ini saja harga kacang kedelai sudah menembus Rp 1,2 juta sebelum naik hanya Rp 800 ribu per kwintalnya.

“Kalau perajin tempe di Parung ini sudah gak produksi sejak Sabtu kemarin walaupun masih ada tempe itu stok hasil produksi sebelumnya dan biasanya itu pesanan,” kata perajin tempe asal Parung Abdul Azis kepada wartawan, Minggu (20/2/22).

Azis memaparkan, di Kampung Jati Parung ini perajin tahu tempe kurang lebih sekitar 20 perajin. Sesuai instruksi pengurus pedagang tahu tempe dan surat edaran, dipastikan 21-23 Februari berhenti produksi.

“Aksi mogok sebagai protes tingginya harga kedelai yang makin tinggi saat ini aja 1,2 juta per kwintalnya, harganya setiap hari naik sepuluh ribu bahkan terakhirnya ini dua puluh ribu rupiah,” katanya.

Meskipun pasokan kedelai tidak sulit, tetapi jika harga terus naik tentu membuat perajin tahu tempe banyak yang gulung tikar, bahkan tidak jarang  saat ini yang sudah tidak produksi lantaran modal yang terlalu besar dikeluarkan setiap harinya.

“Sementara penjualan menurun, apalagi saat ini serba mahal,” katanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral