Para pendaki yang sempat hilang berada di pos pendakian.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rizki Gustana

5 Pendaki Hilang di Gunung Salak Ditemukan Tim SAR

Selasa, 1 Maret 2022 - 21:05 WIB

Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat - Pendaki yang sempat hilang kontak di Gunung Salak, Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Pos Citaman akhirnya ditemukan tim SAR, Senin (01/03/2022)

"Kelima pendaki ini ditemukan di pos 4, jalur pendakian Citaman, Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pas ditemukan kondisi pendaki asal Cicurug, Kabupaten Sukabumi, dalam keadaan sehat," ungkap Deni Pratama, Tim SAR dari Volunteer Panthera.

Deni menceritakan, para pendaki yang berjumlah lima orang, 4 orang laki-laki dan 1 perempuan ini bermula ketika pendaki tersebut salah jalan ketika menuju pulang ke pos pendakian, namun dari salah satu pendaki menyadari bahwa jalan yang dilewati salah, hingga akhirnya 3 pendaki tersebut balik kanan untuk menyusul 2 temannya yang masih di jalur pendakian atas, hingga akhirnya hari sudah gelap dan para pendaki tersebut memutuskan untuk menginap di camp 4, jalur pendakian Citaman.

"Mereka turun dari puncak pada Senin (28/02/2022) sekitar pukul 12.00 siang, ketika turun  tersebut rombongan terbagi dua, 2 teman turun dibagian depan, sementara yang lainnya di belakang, menyadari salah jalan,akhirnya dua orang tersebut balik kanan dan menemui teman lainnya, dan hari gelap, akhirnya para pendaki tersebut menginap di pos 6, untuk pulang menunggu terang," jelas Deni.

Masih kata Deni, para pendaki ini mengalami disorientasi jalur pendakian, karena selama penurunan hujan sangat lebat disertai kabut tebal, para pendaki ini berinisiatif untuk bermalam di pos 6, menunggu esok untuk melakukan penurunan ke pos pendakian.

"Para pendaki ini ditemukan tim SAR gabungan dari Khatulistiwa, Panthera, TNI, Polri dan BPBD di Pos 4, saat para pendaki tersebut berjalan menurun untuk menuju pos pendakian Citaman dalam kondisi sehat," ungkap Deni.

Sementara itu, Jajang Yusuf, selaku Ketua Tim Sar Khatulistiwa mengatakan para pendaki yang sempat hilang kontak ini langsung diserahkan ke pihak keluarga begitu tiba di pos pendakian Citaman, dengan ditemukannya para pendaki ini, operasi SAR secara langsung di tutup. (Rizki Gustana/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral