Dinas Pendidikan Pangandaran Tinjau atap ruang kelas sekolah yang ambruk.
Sumber :
  • tim tvOne - Aditya Tri Wahyudi

Akibat Hujan Deras Atap Ruang Kelas Sekolah di Pangandaran Ambruk

Rabu, 23 Maret 2022 - 11:38 WIB

Pangandaran, Jawa Barat - Hujan deras sejak Selasa (22/3/2022) malam, membuat atap ruang kelas sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Cendekia di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Rabu pagi (23/3/2022) ambruk. Beruntung saat peristiwa itu terjadi, tidak ada aktivitas belajar mengajar sehingga tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa.

Diduga selain tidak kuat menahan hujan deras, kondisi atap ruang kelas TK Cendekia tersebut kondisinya sudah lapuk dimakan usia. Menurut kepala sekolah TK Cendekia, atap ruang kelas itu sudah lama bocor sehingga membuat konstruksi atap bangunan menjadi lapuk hingga akhirnya ambruk.

"Hujan semalaman membuat atap ruang kelas ini semakin rusak dan akhirnya ambruk," tutur kepala sekolah TK Cendekia, Tursiti.

Selain karena sudah lapuk dimakan usia, kondisi sekolah juga tidak terawat lantaran sudah lama tidak digunakan untuk aktivitas belajar mengajar. Masa pandemi membuat pihak pengelola meliburkan proses belajar mengajar.

Sementara menurut Undang, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal, Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran, TK tersebut dibangun 13 tahun lalu dan kondisinya sudah layak untuk direnovasi.

"Atap sekolah TK ini sudah tidak layak menggunakan konstruksi atap kayu, seharusnya memakai baja ringan agar lebih kokoh," ucap Undang.

Dikatakan Undang, di Kabupaten Pangandaran yang sekolahnya dalam kondisi rusak dan harus segera direnovasi berjumlah 30 persen dari total 93 desa yang ada. Rencananya dalam waktu dekat ini, Dinas Pendidikan akan menganggarkan perbaikan sekolah yang rusak. (Aditya Tri Wahyudi/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral